Selasa, 24 Februari 2015

KESEBANGUNAN DAN KESEJAJARAN

PENERAPAN KESEBANGUNAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
“MATEMATIKA 3”




Dosen Pengampu:
Kurnia Hidayati, M. Pd

Disusun oleh:
Febriana Qurota’Ayun (210613007)


Jurusan Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO
Tahun Akademik 2014/2015



PEMBAHASAN

Dua buah bangun dikatakan sebangun apabila kedua bangun itu saling berimpit. contoh sebagai berikut:



kesebangunan dua buah bangun datar ditentukan oleh sifat-sifat yang dimiliki kedua bangun itu sendiri, yaitu:
  1. Bagian-bagian yang bersesuaian mempunyai panjang yang sebanding (senilai)
  2. Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar
Penerapan kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk skala atau ukuran, tinggi, dan jarak atau lebar secara tidak langsung.
  1. Skala atau ukuran
  • Skala pada peta
          Gambar muka bumi pada peta sebangun dengan muka bumi sebenarnya. contoh:

  1. Jika jarak kota P ke kota Q pada peta 5 cm, sedangkan jarak sebenarnya 50 km. Maka berapakah skala dan jarak sebenarnya kota P ke kota R?
          Diketaui:
          Jarak pada peta kota P ke kota Q: 5cm
          Jarak sebenarnya kota P ke kota Q: 50km (5.000.000 cm)
          Jarak pada peta kota P ke kota R: 15cm
          Ditanya:
          Skala......?
          Jarak sebenarnya kota P ke kota R......?
          Jawab:
           Jika jarak pada peta kota P ke kota R adalah 15cm, maka jarak sebenarnya kedua itu adalah:

  • Skala pada model
         Sebuah model benda atau bangun, sebangun dengan benda sebenarnya. misalnya foto seseorang sebangun dengan orang sebenarnya dan model pesawat sebangun dengan pesawat sebenarnya.
         Contoh:

  1. Seorang anak di foto tingginya 15 cm dan lebarnya 5 cm, sedangkan lebar anak sebenarnya 50 cm.Maka berapakah tinggi anak sebenarnya?
          Diketahui:
          tinggi di foto: 15 cm
          lebar di foto: 5 cm
          lebar sebenarnya: 50 cm
          Ditanya:
          Berapakah tinggi anak sebenarnya....?
          Jawab:



  

     2. Sebuah model mobil tingginya 20 cm dan lebarnya x. Sedangkan sebenarnya mobil itu memiliki tinggi 4,8 m dan lebarnya 1,2 m.Berapakah lebar model mobil tersebut?
     
        Diketahui: 
        Tinggi pada model: 20 cm
        Lebar pada model: x
        Tinggi sebenarnya: 4,8 m (480 cm)
        Lebar sebenarnya: 1,2 m (120 cm)
        Ditanya:
        Berapakah lebar mobil pada model?
        Jawab:

  

     2.  Tinggi
        Tinggi benda dapat dihitung dengan menggunakan konsep jika dua segitiga sebangun, maka:
    • Sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua bangun itu sama besar
    • panjang sisi yang bersesuaian dari kedua bangun itu memiliki perbandingan senilai
        Contoh 1:
       



         Sebuah tiang bendera memiliki tinggi x m dan bayangannya 4 m, sedangkan tinggi tongkat 1,6 m dan bayangannya 0,8 m.Berapakah tinggi tiang tersebut?
         Diketahui:
         < A = < P (90 derajat)
         < C = < R (sehadap)
         Bayangan tiang: 4 m
         Tinggi tongkat: 1,6 m
         Bayangan tongkat: 0,8 m
         Ditanya:
         Berapakah tinggi tiang?
         Jawab:


    Contoh 2:



          Sebuah pohon memiliki bayangan 6 m dan tingginya X m. Sedangkan tinggi tongkat 1,6 m dan bayangannya 0,4 m.Berapakah tinggi pohon sebenarnya?
          Diketahui:
          < A = < P (90 derajat)
          < C = < R (sehadap)
          Bayangan pohon: 6 m
          Tinggi tongkat: 1,6 m
          Bayangan tongkat: 0,4 m
          Ditanya:
          Berapakah tinggi pohon sebenarnya?
          Jawab:



        3. Lebar atau Jarak
            Lebar atau jarak dapat dihitung menggunakan konsep, jika segitiga sebagun maka:
    • Sudut-sudut bersesuaian sama besar
    • Sisi-sisi bersesuaian sebanding
            Contoh:


          Seorang pemuda menghitung lebar sungai dengan menancapkan tongkat di Q, R, S, dan T (seperti gambar)  sehingga S, R, dan P segaris (P= benda di seberang sungai).Berapakah lebar sungai (PQ)?
          Diketahui:
          < Q = < T (90 derajat)
          < R = < R (tolak belakang)
          QR= 13 m
          ST= 8 m
          TR= 4 m
          Ditanya:
          Berapakah lebar sungai (PQ)?
          Jawab:



DAFTAR PUSTAKA

Tri, Lusia Astuti. Matematika Untuk Kelas 5 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Tim Konsersium. Matematika 3. Surabaya: Lapis PGMI, 2009.
Djumanta, Wahyudin. Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan Untuk Kelas IX SMP. Jakarta: Setia Purna Invest, 2008.





         




1 komentar:

  1. Casino Near Me - Mapyro
    Find Casino Near Me, near Atlanta, with 대전광역 출장샵 public transportation. Directions · (303) 642-7111. 동해 출장샵 Call Now · More 양주 출장안마 Info. Hours, 서귀포 출장샵 Accepts Credit Cards, Parking, 군산 출장안마

    BalasHapus