PENERAPAN KESEBANGUNAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
“MATEMATIKA 3”
Dosen
Pengampu:
Kurnia Hidayati, M. Pd
Disusun oleh:
Febriana Qurota’Ayun (210613007)
Jurusan
Tarbiyah
Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO
Tahun
Akademik 2014/2015
PEMBAHASAN
Dua buah bangun dikatakan sebangun apabila kedua bangun itu saling berimpit. contoh sebagai berikut:
kesebangunan dua buah bangun datar ditentukan oleh sifat-sifat yang dimiliki kedua bangun itu sendiri, yaitu:
- Bagian-bagian yang bersesuaian mempunyai panjang yang sebanding (senilai)
- Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar
- Skala atau ukuran
- Skala pada peta
- Jika jarak kota P ke kota Q pada peta 5 cm, sedangkan jarak sebenarnya 50 km. Maka berapakah skala dan jarak sebenarnya kota P ke kota R?
Diketaui:
Jarak pada peta kota P ke kota Q: 5cm
Jarak sebenarnya kota P ke kota Q: 50km (5.000.000 cm)
Jarak pada peta kota P ke kota R: 15cm
Ditanya:
Skala......?
Jarak sebenarnya kota P ke kota R......?
Jawab:
Jika jarak pada peta kota P ke kota R adalah 15cm, maka jarak sebenarnya kedua itu adalah:
- Skala pada model
Contoh:
- Seorang anak di foto tingginya 15 cm dan lebarnya 5 cm, sedangkan lebar anak sebenarnya 50 cm.Maka berapakah tinggi anak sebenarnya?
tinggi di foto: 15 cm
lebar di foto: 5 cm
lebar sebenarnya: 50 cm
Ditanya:
Berapakah tinggi anak sebenarnya....?
Jawab:
2. Sebuah model mobil tingginya 20 cm dan lebarnya x. Sedangkan sebenarnya mobil itu memiliki tinggi 4,8 m dan lebarnya 1,2 m.Berapakah lebar model mobil tersebut?
Diketahui:
Tinggi pada model: 20 cm
Lebar pada model: x
Tinggi sebenarnya: 4,8 m (480 cm)
Lebar sebenarnya: 1,2 m (120 cm)
Ditanya:
Berapakah lebar mobil pada model?
Jawab:
2. Tinggi
Tinggi benda dapat dihitung dengan menggunakan konsep jika dua segitiga sebangun, maka:
- Sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua bangun itu sama besar
- panjang sisi yang bersesuaian dari kedua bangun itu memiliki perbandingan senilai
Sebuah tiang bendera memiliki tinggi x m dan bayangannya 4 m, sedangkan tinggi tongkat 1,6 m dan bayangannya 0,8 m.Berapakah tinggi tiang tersebut?
Diketahui:
< A = < P (90 derajat)
< C = < R (sehadap)
Bayangan tiang: 4 m
Tinggi tongkat: 1,6 m
Bayangan tongkat: 0,8 m
Ditanya:
Berapakah tinggi tiang?
Jawab:
Contoh 2:
Sebuah pohon memiliki bayangan 6 m dan tingginya X m. Sedangkan tinggi tongkat 1,6 m dan bayangannya 0,4 m.Berapakah tinggi pohon sebenarnya?
Diketahui:
< A = < P (90 derajat)
< C = < R (sehadap)
Bayangan pohon: 6 m
Tinggi tongkat: 1,6 m
Bayangan tongkat: 0,4 m
Ditanya:
Berapakah tinggi pohon sebenarnya?
Jawab:
3. Lebar atau Jarak
Lebar atau jarak dapat dihitung menggunakan konsep, jika segitiga sebagun maka:
- Sudut-sudut bersesuaian sama besar
- Sisi-sisi bersesuaian sebanding
Seorang pemuda menghitung lebar sungai dengan menancapkan tongkat di Q, R, S, dan T (seperti gambar) sehingga S, R, dan P segaris (P= benda di seberang sungai).Berapakah lebar sungai (PQ)?
Diketahui:
< Q = < T (90 derajat)
< R = < R (tolak belakang)
QR= 13 m
ST= 8 m
TR= 4 m
Ditanya:
Berapakah lebar sungai (PQ)?
Jawab:
DAFTAR PUSTAKA
Tri, Lusia Astuti. Matematika Untuk Kelas 5 SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Tim Konsersium. Matematika 3. Surabaya: Lapis PGMI, 2009.
Djumanta, Wahyudin. Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan Untuk Kelas IX SMP. Jakarta: Setia Purna Invest, 2008.
Casino Near Me - Mapyro
BalasHapusFind Casino Near Me, near Atlanta, with 대전광역 출장샵 public transportation. Directions · (303) 642-7111. 동해 출장샵 Call Now · More 양주 출장안마 Info. Hours, 서귀포 출장샵 Accepts Credit Cards, Parking, 군산 출장안마